Series Wilayah Eropa, Asia-Pasifik, Amerika, dan Afrika - Wilayah Eropa, Asia-Pasifik, Amerika, dan Afrika 1942 - 1947

Area Identitas

Kode referensi

ID 15032-3 NIGIS.Wilayah Eropa, Asia-Pasifik, Amerika, dan Afrika

Judul

Wilayah Eropa, Asia-Pasifik, Amerika, dan Afrika 1942 - 1947

Tanggal

  • 1942 - 1947 (Akumulasi)

Level Deskripsi

Series

Ukuran dan Media

2576 Lembar Foto

Area Konteks

Nilai Sejarah Arsip

Koleksi arsip foto Netherlands Indies Government Information Services (NIGIS) Peliputan WIlayah Australia

Sumber akuisisi atau transfer langsung

Arsip yang diciptakan oleh NIGIS meliputi foto, film, majalah, dokumentasi, buletin, selebaran, dan publikasi lainnya yang tersebar di berbagai lembaga di beberapa negara seperti Belanda, Australia, dan Indonesia. Dari keseluruhan arsip NIGIS yang diciptakan, arsip foto merupakan khazanah yang paling banyak ditemukan, seperti di National Archives of Netherlands, terdapat banyak foto hasil laporan intelijen kerja sama antara NIGIS dan NEFIS ketika Jepang menginvasi Indonesia.

Sementara itu, di Perpustakaan Universitas Leiden, Belanda, banyak terdapat kumpulan dokumentasi surat kabar berbahasa Indonesia “Penjoeloeh” dan jurnal berbahasa Belanda yang bernama “Oranje”. Di Indonesia, khazanah arsip NIGIS terdiri atas arsip foto yang didominasi oleh arsip peliputan dan dokumentasi dari berbagai wilayah untuk mendukung perang Pasifik periode 1942-1945. Khusus untuk khazanah arsip NIGIS dalam inventaris ini merupakan hasil liputan langsung para wartawan
NIGIS dan koresponden lepas NIGIS dalam rangka penyebaran informasi dan propaganda Perang Dunia ke-2 di wilayah Eropa, Amerika, Afrika, dan Asia Pasifik. Beberapa peristiwa penting yang terekam dalam arsip foto NIGIS ini antara lain: Penyerahan diri tanpa syarat Jepang kepada Sekutu, kegiatan industri, kesenian, kamp pemulihan tawanan Jepang, perlawanan terhadap kekerasan NAZI di Eropa, pertanian, kebudayaan, kesehatan, kemasyarakatan, politik, keamanan, kamp pelatihan militer, pembebasan tawanan perang, aktivitas pasukan Belanda dan sekutu selama Perang Pasifik dan pasca Perang Pasifik, dan lain sebagainya.

Sistem penataan arsip foto NIGIS di lembaga penciptanya disusun berdasarkan nomor negatif yang terdapat di halaman belakang lembar foto. Arsip foto ini diurutkan sesuai dengan kurun waktu penciptaan arsip secara kronologis. Ketika diserahkan ke ANRI, arsip foto NIGIS tersebut telah bercampur dengan arsip foto milik RVD, dan Kementerian Penerangan. Sehingga arsip ini harus disusun kembali berdasarkan susunan aslinya, yaitu berdasarkan nomor negatif. Penataan yang dilakukan oleh ANRI pertama-tama adalah dengan membagi berdasarkan wilayah tempat pengambilan gambar, kemudian disusun berdasarkan nomor negatif dan kronologis penciptaan arsipnya.

Arsip foto NIGIS yang diserahkan ke ANRI berupa foto positif, berwarna hitam-putih kondisi fisik arsipnya sebagian besar baik dan hanya sebagian kecil arsip foto NIGIS dalam kondisi rusak/sobek. Sebagian besar arsip foto ini memiliki identitas asli di bagian belakang foto yang dibuat oleh NIGIS antara lain tentang organisasi pencipta (stempel), perihal, nomor negatif, nomor print, dan nama fotografer. Arsip foto yang diolah dalam inventaris ini rata-rata berukuran 5R, selain itu juga terdapat beberapa foto berukuran 6 R, 4R dan 3R (ukuran foto selain 5R dicantumkan dalam kolom keterangan). Foto-foto koleksi arsip NIGIS sebagian besar merupakan hasil peliputan langsung, dan sebagian kecil adalah kiriman liputan responden NIGIS. Untuk foto hasil peliputan langsung umumnya ditandai dengan pencantuman nama fotografer, sedangkan foto kiriman ditandai dengan pencantuman identitas sumber informasi pada pojok kiri atas atau identitas lain berupa stempel.

Area Isi dan Struktur

Cakupan dan isi

NIGIS merupakan dinas informasi Pemerintah Hindia Belanda yang dibentuk untuk penyediaan informasi dan propaganda bagi Pemerintah Belanda dan Sekutu dalam menghadapi perang pasifik dengan Jepang. Khazanah arsip NIGIS yang tersimpan di ANRI berupa arsip fotografi hasil peliputan dan dokumentasi para staf dan responden NIGIS di berbagai wilayah baik Asia,
Pasifik maupun Eropa, Afrika dan Amerika. Informasi yang terkandung dalam arsip foto ini adalah dokumentasi segala peristiwa, keadaan, situasi, dan kondisi yang terjadi di berbagai wilayah yang berhubungan dengan keperluan informasi untuk pemenangan perang dan untuk propaganda dengan tujuan menarik dukungan khalayak luas atas segala usaha yang dilakukan sekutu dan pemerintah Hindia Belanda. Banyak foto dan dokumentasi ini dipublikasikan dalam berbagai bentuk alat publikasi
seperti booklet, buku, artikel di majalah, selebaran, dan pamflet yang terbit pada masa itu.

Penilaian, pemusnahan dan jadwal retensi

Akrual

Sistem Penataan

Sistem penataan berpedoman pada prinsip asal usul (provenance) dan aturan asli (original order) serta pedoman deskripsi yang sesuai dengan standar internasional deskripsi arsip foto. Tingkatan deskripsi arsip ini terdiri dari multi level description mulai dari fonds, series, subseries, file hingga item.

Kondisi dari area akses dan penggunaan

Penentuan Kondisi Akses

Terbuka

Penentuan Kondisi reproduksi

Bahasa dari material

  • Bahasa Indonesia

Naskah Material Arsip

Catatan Bahasan dan Naskah

Karakter fisik dan persyaratan teknis

Sarana temu balik

Inventaris Arsip Foto Netherlands Indies Government Information Services (NIGIS) : Seri Wilayah Australia 1930-1946

Area Materi Arsip Sekutu

Keberadaan dan lokasi dari original

Arsip Nasional Republik Indonesia

Keberadaan dan lokasi dari salinan

Berkas Arsip yang berkaitan

Deskripsi yang berkaitan

Area Catatan

Kode unik alternatif

Titik Temu

Akses Poin Subjek

Tempat akses poin

Nama Akses Poin

Akses poin genre

Deskripsi Area Kontrol

Deskripsi Identifier

Kode unik lembaga

Aturan dan/ atau konvensi yang digunakan

Status

Level tingkat kedetailan

Tanggal penciptaan revisi pemusnahan

Bahasa

Naskah

Sumber

Bagian akuisisi

Subjek yang berkaitan

Orang dan organisasi yang berkaitan

Genre yang berkaitan

Tempat-tempat yang berkaitan